Fakta-fakta menarik All New Honda Brio, mobil LCGC paling keren

Menjaga dominasinya di segmen mobil LCGC 5 penumpang di Indonesia, Honda meluncurkan All New Brio di pameran GIIAS di ICE BSD Coty, Tangerang, Kamis (2/8). Sebagai mobil murah, All New Brio memiliki dimensi lebih panjang dan lebar demi menawarkan kabin lebih lapang, seperti yang diinginkan konsumen Indonesia.

Dipasarkan di Indonesia sejak 2012, Honda Brio mencatat penjualan 237.272 unit hingga kini atau berkontribusi 58 persen terhadap total penjualan Honda Brio di seluruh dunia. Ini menjadikan Indonesia sebagai leading country untuk pengembangan model ini.

Diriset dan dikembangkan di Thailand, Brio generasi kedua ini juga memiliki tampilan lebih sporty dan kini memiliki ‘pantat’ sehingga tersedia cukup ruang di bagasi. Berikut fakta-fakta menarik soal All New Brio, seperti yang disampaikan Tsutomu Harada, Head R&D Asia Pacific Co Ltd Development Leader Honda Brio:

1. All New Honda Brio dikembangkan dengan konsep utama Proud Over Class. Realisasinya berupa penyempurnaan di berbagai aspek termasuk memperpanjang jarak sumbu roda hingga 60 milimeter untuk menciptakan ruang duduk belakang lebih besar.

2. Ruang bagasinya lebih luas hingga 90 milimeter untuk menyediakan kapasitas lebih besar, yang dapat digunakan untuk menampung kereta bayi dan barang lainnya dengan mudah. Mengubah desain pintu belakang menjadi Tailgate Style yang lebih kokoh untuk memberikan rasa aman.

all new honda brio meluncur di giias 2018 2018 Merdeka.com

3.Kapasitas bagasi ditingkatkan hingga lebih dari 258 liter, atau 84 liter lebih besar dari versi sebelumnya. Kini, bukaan tailgate juga 15 persen lebih lebar, sehingga pengguna dapat melakukan bongkar muat untuk barang-barang berukuran besar secara lebih mudah dan lancar. Bagasi All New Honda Brio dapat memuat dua koper berukuran sedang dan satu kereta bayi.

4. Tersedia grade All New Honda Brio RS, yang memiliki desain agresif dan sporty dengan Gloss Black Front Grille, roda berdiameter besa, dan aeroparts yang sporty. Interior hitam dengan aksen oranye dirancang untuk memberikan kesan sporty, canggih, dan aktif.

5. Semua grade All New Honda Brio dilengkapi dengan LED Position Light Guides untuk pencahayaan lebih terang, mengurangi konsumsi bahan bakar dan hawa panas, sekaligus memberikan kesan premium. Sedangkan lampu belakang yang dilengkapi reflektor didesain melebar hingga bagian tepi mobil untuk mengesankan Honda Brio lebih lebar.

6. Bagian lampu belakang dan lampu rem didesain terpisah untuk visibilitas lebih baik pada malam hari. Sedangkan spoiler sporty dengan LED High-Mount Stop Lamp menawarkan desain premium, visibilitas yang jernih, dan kinerja aerodinamis yang lebih baik dengan mengoptimalkan aliran udara di permukaan atas.

7. Konsep warna eksterior All New Honda Brio terdiri dari Dynamic (vivid tone) dan Mature(deep tone). Total ada tujuh pilihan warna: Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Rallye Red, dan Carnival Yellow (tersedia kali pertama untuk Honda di kawasan Asia dan Oceania).

8. Untuk pertama kali di segmennya, semua grade All New Honda Brio dilengkapi dengan tombol untuk membuka bagasi agar lebih mudah dan nyaman. Ini berkat fitur electrical trunk Opener.

9. Mesinnya menggunakan 1.2L i-VTEC 4 silinder, yang disempurnakan untuk konsumsi bahan bakar lebih baik dengan mengurangi gesekan di setiap bagian mesin. Tenaga maksimum mesin i-VTEC 1.2L adalah 90 PS per 6.000 rpm untuk transmisi manual dan CVT. Sementara torsi maksimumnya 110 Nm per 4.800 rpm untuk transmisi manual dan CVT. Honda juga mengurangi jumlah emisi dengan mengkombinasikan exhaust manifold dengan kepala silinder, dan menempatkan catalytic converter langsung di bawah exhaust manifold untuk meningkatkan pendinginan di ruang pembakaran. Pembakaran juga ditingkatkan menggunakan busi elektroda anti-oksidasi dan adukan udara dan bensin di dalam katup melalui sistem katup tunggal.

all new honda brio meluncur di giias 2018 2018 Merdeka.com

10. Tingkat kesenyapan kabin (NVH) ditingkatkan menjadi yang terdepan di kelasnya. Caranya menggunakan insulator pada bagian atap, bagasi, dan dashboard untuk meningkatkan kekedapan terhadap suara berfrekuensi tinggi. Kemudian menggunakan lembaran insulasi suara yang ringan dan berperforma tinggi di baris kursi pertama dan kedua, serta mengubah Exhaust Pipe Supporter untuk meningkatkan performa NV kursi belakang.

11. All New Honda Brio lulus uji tabrak belakang berkecepatan 50 km per jam yang diwajibkan di Jepang. Hasilnya menunjukkan bagian kabin penumpang tetap mempertahankan bentuk aslinya dan tangki bahan bakar tetap terlindungi. Mobil LCGC ini juga melewati tes tabrakan keceparan rendah (ECE R42) dengan hasil; ;tidak ada kerusakan pada fungsionalitas. Generasi ke-2 Honda Brio dilengkapi dengan teknologi keamanan aktif dan pasif termasuk sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) untuk semua grade (pertama di kelas LCGC).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *